Senin, 03 Juni 2013

Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam Laga

Penyakit bubul atau bubulan adalah salah satu penyakit yang menyerang kaki ayam aduan. Penyebab dari bubul ini adalah bakteri yang masuk melalui luka pada kaki ayam sehingga mengakibatkan infeksi. 
Salah satu penghuni bamsbreeder yang terkena bubul adalah ayam bangkok petarung yang akhirnya kami jadikan pacek atau indukan pejantan. 
Ayam petarung yang terkena bubul ini akan merasa kesakitan pada bagian kaki sehingga seringkali tidak mau jika di adu. Tapi jika saat kaki tidak sakit,ayam ini masih mau bertarung dan tetap fit dengan jalu-nya yang ganas.
Masih sliwar sliwer alias simpang siur tentang bagaimana cara efektif mengobati bubul ini. Dari berbagai sumber informasi bamsbreeder mencoba merangkum beberapa cara mengobati bubul pada ayam petarung kesayangan anda :
  1. Dengan meletakkan ayam pada lumpur rinso atau garam. Bubul seperti kulit parasit yang bisa mengelupas jika di cabut, tapi jika di pakasa dicabut bisa mengakibatkan infeksi dan bubul akan tumbuh lagi. Beberapa peternak menyarankan membuat comberan/lumpur dengan menggunakan air rinso ada juga yang menyarankan dengan air garam. Setelah ayam dimandikan jemur ayam diatas lumpur yang kita buat tadi. Bubul akan rontok dengan sendirinya.
  2. Dengan obat kutil Colomac. Terlebih dahulu bersihkan kaki yang terkena bubul, sterilkan dengan alkohol. Oleskan colomac dan tutup luka dengan plester (hansaplast). Jaga kebersihan kaki yang terkena bubul, berikan alas kandang yang empuk seperti jerami.
  3. Menggunakan kanterpain. Bersihkan dan keringkan kaki yang terkena bubul. oleskan kanterpain pada bubul dan tahan atau pegang ayam sampai kanterpain kering kurang lebih 5 menit. Lepaskan ayam pada alas kandang yang bersih dengan alas karung atau karpet.
  4. Menggunakan Koyo Cabe. Bersihkan dan sterilkan kaki terlebih dahulu sebelum ditempel koyo cabe. Ganti koyo cabe setiap 3 hari sekali.
  5. Menggunakan paku yang di bakar. Mungkin terinspirasi dari cara pengobatan kuno dimana membakar luka adalah cara mensterilkan luka dari bakteri. Gunakan paku seukuran mata butul lalu panaskan sampai benar benar panas. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan sampai terkena bagian yg sehat) sampai ayam merasa panas ditandai dg menghentakkan kaki. Ulangi 3 sampai 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari.

Tidak ada komentar: